Pakaian Adat Amarasi ( Suku Dawan)

 Pakaian adat merupakan  sebuah simbol kebudayaan dan adat suatu daerah. Pakaian adat juga merupakan kostum yang mengekspresikan identitas, yang biasanya diakaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan dan agama. Pakaian adat dikenakan untuk mewakili budaya atau identitas kelompok etnis atau suku bangsa tertentu, biasanya dikenal sebagai busana adat suku. 


Setiap suku memiliki pakaian adatnya masing-masing, begitu juga dengan suku Dawan (Amarasi). Untuk nama pakaian adat NTT suku Dawan ini dikenal sebagai tai runat dan tai muti'. Tai runat adalah pakaian yang dikenakan oleh wanita Amarasi yang terdiri dari beberapa komponen yaitu kebaya, sarung tenun atau tai runat untuk bawahan, dan selendang atau salempang yang disalempangkan untuk menutupi dada. Disamping itu, tai runat juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris seperti sisir emas, tusuk konde berhiaskan tiga koin emas dan gelang sepasang yang mempunyai bentuk kepala ular. 


Lalu, tai muti' adalah pakaian yang dipakai oleh para pria yang terdiri dari kemeja bodo, tai muti' yang diikat di pinggang, po'uk atau selendang laki-laki dan nage atau ikat pinggang. Para pria juga mengenakan perhiasan sebagai aksesoris seperti kalung mutisalak, kalung habas, gelang Timor dan ikat kepala atau destar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lato-lato Permainan Tahun 80-an Yang Kembali Viral

Online Learning